Selasa, 10 Oktober 2017

1.2 Jelaskan Prinsip Dasar Etika

      A.    Prinsip Keadilan
Keadilan merupakan landasan atau asas yang digunakan untuk membangun dasar etika. Keadilan adalah kebijaksanaan rasional untuk melakukan perbuatan secara benar dan berguna menurut Akal. Adil dapat juga diartikan dengan meletakkan sesuatu pada tempatnya. Lawan dari keadilan adalah zalim. Dengan begitu, dapat dimengerti bahwa kezaliman adalah meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya. Keadilan bisa juga diartikan dengan memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya.

      B.     Prinsip Kebebasan
Asas kedua dari etika adalah kebebasan. Kebebasan yang dimaksud kebebasan manusia untuk berkehendak. Dalam teologi Islam kebebasan dijadikan bagian dari persoalan Qadariyah dan Jabariyah, artinya sesuatu yang oleh para teolog dan kebanyakan filsuf muslim dianggap sebagai persolaan metafisika. Namun, disisi lain, oleh Mu'tazilah, kebebasan dianggap sebagai persolaan etika.

      C.    Prinsip Hormat Terhadap Diri Sendiri
Prinsip hormat pada diri sendiri merupakan bentuk pengejawantahan atas kebebasan dan keadilan. Kalau orang mempunyai kebebasan namun ia tidak menghormati dirinya, maka kebebasan yang ia miliki justru akan menghancurkan dirinya. Dan itu, tidak dikehendaki oleh etika. Sebab dalam etika tujuannya adalah kebahagian dan kesejahteraan bersama.





Sumber : http://masyharzainudin.blogspot.co.id/2010/06/prinsip-prinsip-dasar-etika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar